PENGABDIAN PADA MASYARAKAT

          LPPM UMSIDA bidang pengabdian pada masyarakat di pimpin oleh Ka. Sie. Pengabdian pada Masyarakat. Kegiatan  pengabdian pada masyarakat dimaksudkan untuk memberikan solusi terhadap permasalahan yang terjadi pada masyarakat.  Adapun bidang pengabdian pada masyarakat meliputi :

KKN

  1. KKN Reguler.
  2. KKN – T POSDAYA.
  3. KKN-MU Untuk Negeri
  4. KKN Dakwah

 

POSDAYA

        Sebagai bentuk pengabdian masyarakat, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo  (UMSIDA) bekerjasama dengan LIPM Surabaya dan Yayasan DAMANDIRI melaksanakan Program Pos Pemberdayaan Keluarga (POSDAYA) sejak tahun 2007.

        Kegiatan Posdaya sebagai model  pemberdayaan masyarakat secara menyeluruh  dan bekerjasama dengan melibatkan seluruh lapisan masyarakat, dimaksudkan sebagai program peningkatan dan pengembangan sumberdaya manusia Indonesia, khususnya generasi penerus.  LPPM UMSIDA mempunyai 2 Posdaya binaan, yaitu Posdaya Bunga Matahari, yang berlokasi di Kelurahan Sidokare, Kecamatan Sidoarjo Kota dan Posdaya Surya Mandiri , bertempat di  Desa Ketegan, Kecamatan  Taman, Kabupaten Sidoarjo, serta KKN-T POSDAYA antara tahun 2011 dan 2012 telah menghasilkan 209 POSDAYA binaan.

        Kegiatan-kegiatan Posdaya meliputi:

(1) Pelatihan organisasi dan manajemen Posdaya.

(2) Pelatihan fasilitator/guru PAUD dan penyelenggaraan PAUD.

(3) Pengembangan usaha ekonomi kreatif dan pembentukan koperasi;

(4) Penyelenggaraan Posyandu balita dan lansia.

(5) Sosialisasi Kesehatan Reproduksi Remaja.

(6) Sosialisasi Pos KB Desa/Kelurahan.

(7) Pengelolaan lingkungan (composting dan kebun gizi).