Visi LPPM

      "Menjadi lembaga penelitian dan pengabdian kepada masyarakat bermutu
tingkat nasional tahun 2020."

Misi LPPM

Untuk mencapai visi di atas, LPPM UMSIDA menurunkan visinya ke dalam misi sebagai berikut:

      “Membangun Indonesia berkemajuan melalui penelitian dan pengabdian kepada masyarakat
berdasarkan nilai-nilai Islam.”

Usaha-usaha yang dilakukan untuk melaksanakan misi tersebut:

  1. Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat berdasarkan nilai-nilai Islam
  2. Meningkatkan kompetensi sumber daya manusia di bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang mempunyai keunggulan moral, intelektual dan professional.
  3. Meningkatkan mutu penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk mendukung proses pembelajaran dan pengembangan ipteks, dan kesejahteraan masyarakat berbasis potensi lokal
  4. Melaksanakan tata kelola lembaga secara kredibel transparan, akuntabel, bertanggung jawab dan adil.
  5. Meningkatkan kerja sama penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan lembaga dalam dan luar negeri untuk penguatan catur dharma perguruan tinggi Muhammadiyah.
  6. Meningkatkan sinergitas antar unit terkait dalam pelaksanaan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Tujuan LPPM

Sedangkan tujuan LPPM UMSIDA adalah:

  1. Terselenggaranya perencanaan, pelaksanaan dan koordinasi kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, penerapan, dan pengembangan IPTEKS di lingkungan UMSIDA yang bermutu secara internal dan eksternal untuk kemajuan bangsa.
  2. Lahirnya inovasi di bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang bermanfaat bagi masyarakat.
  3. Terkoordinasikannya sumber daya penelitian dan pengabdian, penerapan dan pengembangan IPTEKS dari berbagai Fakultas, Jurusan dan Pusat Studi di lingkungan UMSIDA dalam melaksanakan kegiatan penelitian, pengabdian masyarakat, penerapan dan pengembangan IPTEKS.
  4. Terkoordinasikannya kegiatan pengelolaan luaran penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, penerapan dan pengembangan IPTEKS dalam bentuk publikasi, pendaftaran hak kekayaan intelektual dan komersialisasi produk.
  5. Terkoordinasikannya kegiatan pusat studi di lingkungan UMSIDA.
  6. Meningkatnya kompetensi sumber daya manusia di bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di  lingkungan  UMSIDA.
  7. Terbangunnya sinergi antar unit terkait dalam kegiatan penelitian, penerapan, pengembangan IPTEKS dan pengabdian kepada masyarakat.
  8. Terbangunnya sistem dokumentasi dan informasi penelitian, pengabdian kepada masyarakat, penerapan dan pengembangan IPTEKS di lingkungan UMSIDA,
  9. Meningkatnya kerjasama penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan instansi pemerintah, BUMN, swasta, ormas, LSM, dan perguruan tinggi lain baik dalam negeri maupun luar negeri.
  10. Tersedianya fasilitas penunjang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang bermutu.
  11. Meningkatnya pendanaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dari berbagai sumber.